Khon Kaen, 29 September 2018

Kegiatan Program Pengenalan Lapangan Persekolah (PLP) 2 yang Terintegrasi dengan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN Dik) destinasi Khon Kaen University Thailand (KKU) berakhir dengan menyenangkan dan penuh dengan pengalaman. Menurut salah satu mahasiswa dari pendidikan Bahasa Inggris yang bernama Shanin menuturkan bahwa, “Sungguh pengalaman yang sangat berkesan saat kami mengikuti PLP2 ini, karena saya sendiri juga baru pertama kali mengijakan kaki di Thailand. Hal-hal sangat berkesan yang kami dapati disana seperti: teman baru, suasana baru, keramahan masyarakat sekitar dan pimpinan fakultas pendidikan (faculty of education), serta masih banyak lagi”.

Sebagai informasi bahwa saat mengikuti program PLP2 ini, pimpinan fakultas pendidikan KKU menempatkan ke sekolah-sekolah Lab. mitra. Sekolah lab tersebut adalah Mor Din Daeng School. Dimana pada sekolah tersebut ditempatkan pada 2 jenjang yaitu jenjang Sekolah Dasar (Primary School) dan jenjang Sekolah Menengah (Secondary School).

Saat menjalani kegiatan PLP2 di Mor Din Daeng School untuk jenjang Sekolah Dasar, para mahasiswa lagi-lagi dibuat terpana. Karena disana diadakan upacara setiap pagi di hari Senin sampai dengan hari Jumat untuk menumbuhkan rasa cinta kepada negaranya, yaitu Thailand. Hal ini pun menjadi sebuah hal yang baru, dimana kita temui untuk sekolah-sekolah yang ada di tanah air kita (red-Indonesia) hanya melakukan upacara seminggu sekali setiap hari senin saja. Selain itu, rasa penuh semangat pun juga terlihat pada setiap raut wajah siswa siswi disana dalam bersekolah. Antusiasme belajar yang tinggi itupun juga menjadi motivasi tersendiri untuk peserta PLP2 ini dalam mengajarkan dan menerapkan ilmunya kepada siwa siswi disana.

Lalu, untuk mahasiswa yang mendapatkan jenjang Secondary School, mereka pun juga dibuat semangat oleh para siswa siswi disana. Pada jenjang Secondary School tersebut, para mahasiswa ditempatkan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

Harapan kami dari pihak pimpinan Prodi, semoga apa yang telah kalian lakukan dan kalian kerjakan saat mengikuti PLP2 ini kalian dapat memetik sebuah pengalaman berharga yang dapat menjadi bekal kalian nanti untuk menerapkan ke dunia pekerjaan. Selain itu kami berharap kalian semua dapat meneruskan dan menjadi inisiator pendidikan dimanapun kalian mengajar, semua itu semata-mata untuk memajukan pendidikan di Indonesia ini supaya kedepannya menjadi lebih baik lagi.